UPACARA HARI SANTRI 22 OKTOBER 2023

Madrasah Tsanawiyah Al-Zaytun memperingati Hari Santri Nasional. Hari Santri Nasional 2023 mengangkat tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Dalam upacara hari santri di lapangan wiratama, Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Zaytun ust. Rizal Sumadiyo, M.Pd. memberikan pesan dalam amanat upacara kepada seluruh santri. Beliau menyampaikan “Sebuah sejarah tentang perjuang santri sejak jaman sebelum merdeka sampai saat ini, artinya perjuangan belum selesai. Peringatan hari ini hanya sekedar upacara tapi makna dibalik itu adalah kita terus berjuang. Untuk diketahui bahwa peran santri, sejak dimulakan  tahun 1916, seorang pemimpin besar Bapak Hadji Oemar Said Tjokroaminoto, beliau sebagai pengagas bagaimana memaksimalkan potensi pemuda Indonesia untuk mempersiapkan dirinya, bangasanya, menuju kemerdekaan.

Kemudian menuju proses kemerdekaan, dalam proses perjuangannya banyak para santri yang terlibat. Organisasi-organisasi seperti NU, Muhamamadiyah, Persis itu adalah pendahulu-pendahulu yang berjuang. Salah satu pahlawan besar yang berasal dari santri adalah Jendral Besar Sudirman. Beliau adalah santri.

Jadi hari ini kalian berjihad sebagai seorang santri adalah untuk menjayakan negeri kita, bagaimana caranya, wujudkan apa yang tadi kita nyanyikan yakni Indonesia Raya 3 stanza, karena Allah tidak akan mengubah nasib kita, kecuali kita sendiri yang mengubahnya. Bangsa Indonesia membutuhkan kalian mewujudkan doa-doa tadi yang ada dalam syair dan lirik lagu Indonesia Raya 3 stanza”.   






Komentar