TIM INTI KABUPATEN MELAKUKAN PENDAMPINGAN EDM - eRKAM DI MTs MA'HAD AL ZAYTUN

 


Tim Inti Madrasah Kemenag Kabupaten Indramayu mengikuti BIMTEK penerapan EDM-eRKAM yang dilaksanakan pada tanggal 6-8 Mei 2023 di Cirebon. Jumlah peserta terdiri dari kepala madrasah, bendahara sekolah dan operator madrasah. Sekitar 291 orang dari berbagai madrash MI, MTs MA dari 97 sekolah.

Setelah BIMTEK, masing-masing madrasah membentuk TPM (Tim Penjamin Mutu Madrasah) untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan di masing-masing sekolah selama tahun anggaran 2022 yang disebut dengan EDM (Evaluasi Diri Madrasah) untuk ajuan rencana kerja madrasah, yang hari ini dilakukan dengan berbasis elektronik yang namakan eRKAM.

MTs Ma’had Al Zaytun mendapat jadwal pendampingan EDM-eRKAM pada tanggal 30 Mei 2023 oleh Tim Inti Kabupaten (TIK) merupakan program tindak lanjut BIMTEK di Cirebon. Kegiatan tersebut berlangsung kurang lebih 6 jam lamanya, dilaksanakan oleh 1 orang pendamping TIK yaitu Pak Muhammad Jojo Fibruri, S.Pd., diikuti oleh 18 orang Tim Penjamin Mutu Madrasah (TPM) yaitu Kepala Madrasah, Bendahara, dan staf. Pada kegiatan ini, pendamping melaksanakan tugasnya untuk memastikan bahwa pengerjaan EDM-eRKAM serta tahap-tahap yang harus diisi terlebih dahulu sudah benar.



Tim Inti Kabupaten Pak M. Jojo Fibruri, S.Pd. menyampaikan dalam arahannya. “Kegiatan ini, menangani aplikasi yang ada di madrasah.  Melihat yang disampaikan, dari sisi pribadi, sebagai tim verifikasi anggaran, banyak melihat ajuan pencairan BOS. 284 madrasah di Indramayu. Dalam hal pelaporan, Al Zaytun dikategorikan rapi.  Pelaporan ada bukti fisiknya.

Pengelolaan sekarang berbasis digital, dimulakan mengisi Evaluasi Diri Madrasah oleh Tim Penjamin Mutu, untuk menilai perjalanan suatu Lembaga untuk menentukan kegiatan apa yang dilakukan di tahun depan supaya pengelolaan meningkat”.



Dalam arahan teknis pengisian EDM, Pak Jojo menjelaskan secara detail dan jelas. “Tugas TPM adalah melihat ke belakang dan menentukan prioritas dari system tersebut, masuk ke aplikasi eRKAM. Pengisian EDM harus ada bukti fisik yang diupload. Semuanya berkaitan, contoh di A1 berkaitan dengan C2.  Jadi tidak harus semuanya diupload.  Contoh, upload jadwal supervisi dan tindak lanjutnya saja. Berkas kurikulum, tidak harus RPP diupload cukup rekapnya saja.  Bentuk Laporan dalam setahun.  Bukti fisik rpp disiapkan saja.  Rekap ada tandatangan pembuat rpp, mengetahui bagian kurikulum dan kepmad”. AW

Kamad MTs Rizal Eka Sumadiyo, M.Pd. dan jajaran bersama 
TIK Muhammad Jojo Fibruri, S.Pd

TIK Muhammad Jojo Fibruri, S.Pd. mendapat penghormatan 
dari MTs diwakilkan oleh Ketua TPM MTs Alwi, S.Ag., M.Pd.


Komentar

  1. Alhamdulillah, semoga dengan adanya kerja "Super Tim" MTs Ma'had Al-Zaytun semakin sukses

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, Sukses untuk Super Tim Mahad Al Zaytun dan Terimakasih Tim Inti Kabupaten, yang telah melakukan tugas Pendampingan di Ma'had Al Zaytun.

    BalasHapus

Posting Komentar