PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DI MASJID RAHMATAN LIL'ALAMIN


Hari ini tepat tanggal 1 Juni 2023 merupakan hari lahir Pancasila ke-78. Peringatan hari lahir Pancasila di Al Zaytun diperingati sangat istimewa karena dihadiri oleh civitas Ma’had Al-Zaytun mulai dari karyawan, santri, mahasiswa, guru, dosen, para eksponen dan Syaykh sekeluarga. Tempatnya pun sangat mulia di dalam masjid, Masjid Rahmatan Lil’Alamin.

Suasana Masjid Rahmatan Lil'Alamin saat peringatan hari lahir Pancasila

Dalam acara peringatan hari lahir Pancasila, santri dan guru serta peserta lainnya hadir di masjid mulai pukul 07.30.  Mereka memenuhi tempat yang telah ditetapkan oleh panitia, mulai dari lantai satu sampai lantai empat masjid. Dalam acara tersebut santri memakai pakaian angkatan masing-masing, sedangkan guru dan peserta lainnya memakai pakaian formal berjas dan berdasi. Sungguh acaranya sangat istimewa dan hikmat.

Sebelum acara dibuka, seluruh peserta menyanyikan lagu-lagu wajib yakni Garuda Pancasila, Bangun Pemudi Pemuda, Satu Nusa Satu Bangsa, Dari Merauke sampai ke Sabang, Berkibarlah Benderaku, Hari Merdeka yang dipimpin oleh dirijen yang handal yaitu ust.Setyo Waluyo, S.H.

ust.Setyo Waluyo, S.H.

Tepat pada pukul 09.15, peringatan hari lahir Pancasila diperingati, mulai dari menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza kemudian acara di pimpin oleh Syaykh Al Zaytun Prof. DR. AS. Panji Gumilang, M.P.  Syaykh mengajak kami mengucapkan isi Pancasila “Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawatan perwakilan serta mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”.


Dalam tausiyah peringatan hari lahir Pancasila, Syaykh mengajak kami menanamkan dalam jiwa dan ilmu bahwa dasar negara Indonesia Pancasila ini adalah ajaran universal. Maka harus diterapkan dalam segala aspek baik dalam bidang politik, ekonomi, budaya atau ipoleksosbudhankamrata agar Indonesia terbilang dan gemilang.

Hamdan Setiawan bin Sendi Sanudin kelas 7 R07 ketua MPK Angkatan 24 sebagai peserta dalam acara peringatan hari lahir Pancasila mengungkapkan kesannya dalam mengikuti acara tersebut. “Alhmadulillah, saya dapat mengikuti peringatan hari lahir Pancasila ini bersama Syaykh Al Zaytun dan seluruh civitas Ma’had Al Zaytun.  Saya sangat senang, Syaykh mengajak kami mengucapkan isi nilai dasar negara Pancasila diikuti oleh semua peserta. Sebagai pelajar kami harus memahami nilai-nilai Pancasila, Syaykh mengajak jangan pernah para pelajar menanamkan dalam pikirannya dasar negara selain Pancasila karena dasar negara Pancasila ini universal”. 

Kamelia Rana binti Aditya Pribadianto kelas 8N5 juga menyampaikan kesannya baru pertama kali mengikuti peringatan hari lahir Pancasila di Masjid Rahmatan Li’Alamin. “Saya bisa belajar banyak dari pesan Syaykh Al Zaytun agar memasukkan dalam jiwa dan ilmu, nilai-nilai dasar pancaslia ini dalam keseharian kita. Contoh negara lain seperti Cina bisa maju karena mereka memiliki dasar negara mereka dan mereka yakin kemudian menerapkannya. Saya sebagai pelajar nilai dasar ini harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari”. AW

Ketua/Wakil MPK kelas 7, dan kelas 8

Santri Kelas 7 memakai baju warna kuning emas sedang hikmat menyanyikan 
lagu Garuda Pancasila di lantai 2 Masjid Rahmatan Lil'Alamin

Santri Kelas 8 memakai baju warna biru langit sedang hikmat menyanyikan 
lagu Indonesia Raya 3 stanza di lantai 2 Masjid Rahmatan Lil'Alamin


Komentar

  1. Mantap santri al zaytun paham akan ideologi dan dasar negara Pancasila. Jadilah manusia yang toleran siap menyujudkan perdamaian

    BalasHapus
  2. Mantap!
    Kita terus tanamkan jiwa nasionalisme kepada generasi pelanjut.

    Masukan, akan lebih baik lagi jika setiap foto/gambar diberi keterangan (caption).

    BalasHapus

Posting Komentar