PTS DAN UJIAN PRAKTIK

MTs Ma'had Al-Zaytun pada bulan Maret 2023 ini kegiatan pembelajarannya sangat padat, selain kegiatan belajar mengajar seperti biasa juga kegiatan PTS bagi kelas 7 dan 8 pada tanggal 7-11 Maret 2023  dan ujian praktik bagi kelas 9 pada tanggal 13-18 Maret 2023. Baik PTS dan ujian praktik tujuannya untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar dan menjadi evaluasi siswa akan proses belajar yang sudah ditempuh selama ini. Hasil dari PTS juga menjadi bahan evaluasi dan refleksi bagi guru tentang apakah materi yang sudah diajarkan selama ini berhasil membuat siswa mengerti atau tidak. Kemudian, jika hasilnya tidak sesuai dengan harapan,  guru dapat menjadikan hasil tersebut sebagai acuan merancang pembelajaran yang lebih baik dan menyenangkan.

                                                             Kelas 8 PTS Berbasis Komputer

Pada pelakasananaan PTS kelas 7 dan 8 pada semester genap ini, khusus  kelas 8 dicoba dengan ujian berbasis computer (CBT). Mereka melaksanakan ujian mengunakan laptop masing-masing yang terhubung dengan jaringan wi-fi ke server MTs yang telah disiapkan. Penyelenggaraan PTS dan ujian praktik ini alhamdulillah dipersiapkan oleh panitia dan guru penguji dengan matang sehingga berjalan dengan efektif dan efesien.

Pada ujian praktik kelas 9 semester genap ini yang menjadi objek ujiannya, seperti IT mempraktikkan penggunaan powerpoint, excel dan word. Matematika, materi ujinnya menghafal perkalian untuk bilangan 1 sampai 10. Bahasa Inggris, materi ujiannya santri mampu memceritakan dalam Bahasa Inggris cerita rakyat dengan membaca nyaring secara bergantian sehingga membentuk satu rangkaian cerita lengkap. Tafaquhfiddin, materi ujiannya santri mendemontrasikan cara shalat jenazah dan shalat gaib. Seni Budaya dan Bahasa Indonesia, ujian praktiknya tari kontemporer setelah itu santri mampu mendeskripsikan secara lisan di depan guru penguji. Sedangkan untuk pelajaran IPA dan Prakarya, santri membuat pupuk organik cair dari limbah kulit pisang yang melimpah di mahad al-zaytun.


Ujian Praktik Tari Kontemporer

Tujuan diadakannya ujian praktik ini sebagai syarat kelulusan  pada jenjang MTs juga mengukur mutu dan pencapaian hasil belajar dalam bidang psikomotorik, kecakapan serta keterampilan peserta didik pada akhir jenjang satuan pendidikan pada mapel yang telah ditentukan.

                                                         Ujian Praktik Membuat Pupuk Cair





 


Komentar