PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) BERBASIS KOMPUTER (CBT)

 

MTs Al-Zaytun melaksanakan kegiatan PAS (Penilaian Akhir Semester) semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 mulai hari Senin, 14 November 2022 dan berakhir pada hari Selasa, 22 November 2022. Pelaksanaan PAS dilakukan dengan dua teknik CBT (Computer Base test)   atau lebih sering disebut dengan penilaian berbasis komputer untuk kelas 8 dan 9 yang berjumlah 1367 siswa, dan teknis kedua berbasis kertas untuk kelas 7 berjumlah 590 siswa. Pelaksanaan PAS CBT ini mengunakan perangkat laptop masing-masing peserta didik. Penyajian soal CBT dilakukan secara on line dengan memasang perangkat wifi di ruang kelas yang telah ditentukan, agar dapat dijangkau oleh seluruh user peserta didik. Sehingga setiap peserta yang mengerjakan tes dengan login user no. induk dan password NISN masing-masing peserta didik.  

Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester menggunakan sistem CBT dilaksanakan dengan persiapan yang baik, diantaranya menyiapkan infrastrukturnya, yaitu menyiapkan jaringan, server dan aplikasi dan penginputan soal ke aplikasi. Aplikasi yang digunakan adalah laragon . Dalam penginputan pembuatan soal-soal dilakukan oleh guru mata pelajaran ke fitur bank soal yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

Ketua pelaksana PAS ust. Moch Zyn Fuadi, S.Ag,. M.Pd. meyampaikan harapannya untuk PAS CBT ini berjalan dengan baik dan implikasinya akan menghemat kertas, anak-anak semakin cangkih dalam menggunakan perangkat computer tepat guna dan bisa memberikan manfaat buat mereka. Dengan menggunakan CBT ini mereka terlatih menggunakan komputer karena mayoritas literasi sekarang sangat mudah dengan fasilitas google. Berharap peserta didik punya live skill. Selama pelaksanaan CBT ini alhamdulillah berjalan lancar dan baik, walau ada sedikit kendala teknis seperti perangkat laptop siswa speknya tidak mendukung dan masalah jaringan. Maslah jaringan ini bisa kita atas dengan cara membagi klien di setiap server karena kita mengunakan empat server dan menambah perangkat wifi sehingga sinyal kesegala penjuru ruang terjangkau. (Aw)




Pengawas Server CBT

    


Untuk lebih lengkap melihat kegiatan santri, dapat di lihat pada 
https://www.youtube.com/watch?v=rptV-6DVl4o


Komentar

  1. Kalau di kota kami belum mumpuni sarprasnya pak... Alhasil hanya menggunakan smartphone .. salam dari beasiswa kuliah

    BalasHapus

Posting Komentar