Kampung Inggris di MTs Ma’had AL-Zaytun


Kegiatan ekstrakurikuler santri MTs Ma’had Al-Zaytun diantaranya adalah English Club yang menjadi wadah bagi para peserta didik dalam menyalurkan minat dan bakat serta pengetahuan di bidang Bahasa Inggris. Agar peserta didik lebih memiliki arah dan tujuan untuk menciptakan atmosfer berbahasa Inggris di lingkungan MTs.  Pembina ekstrakurikuler English Club di MTs Ma’had AL-Zaytun ustz. Anna Yunia, S.Pd. beliau adalah alumni Al-Zaytun angkatan 8 dan lulusan Unnes (Universitas Negeri Semarang) Pendidikan Bahasa Inggris yang mengabdi di MTs Ma’had Al-Zaytun sejak tahun 2018.

Ustz. Anna Yunia mengatakan, bahwa tujuan utama didirikannya ekstrakulikuler English Club agar peserta didik memiliki kemampuan individu dalam bahasa Inggris. Untuk tahap awal ini, peserta didik terlebih dahulu sudah memiliki minat dalam belajar bahasa Inggris, dengan cara latihan rutin di ruang bahasa Inggris, diharapkan terbentuk language with atmosfer di kalangan santri MTs Ma’had Al-Zaytun.

Ustz. Anna Yunia juga menyampaikan, ada dua program ekstrakulikuler English Club ini yakni, outdoor dan indoor.

1.      Sistem outdoor dilaksanakan setiap hari Sabtu dari pukul 07.00-10.00 dengan nama Program Kampung Inggris. Program Kampung Inggris ini anak-anak dibiasakan berbahasa Inggris dengan metode bermain atau game sehingga mereka have fun di tempat tersebut Jadi tidak boleh menggunakan bahasa selain bahasa Inggris. Dalam kegiatan ini dibina oleh pengurus-pengurus English Club yang sudah dipilih oleh Pembina.

2.      Sedangkan program indoor ini  dilaksanakan pada hari Senin sampai Rabu pada pukul 14.00-16.00 dengan program literasi untuk penambahan kosakata dan tempelan kata kerja maupun kata sifat dalam bahasa Inggris yang belum pernah didengar oleh santri English Club, sehingga mereka mendapatkan kosakata baru dan bisa mengaplikasikannya. Juga ada pembuatan video podcast, sehingga santri memiliki kepercayaan diri ketika berbahasa Inggris. Saat ini jumlah perserta English Club berjumlah 60 santri.

Ihsan Fathoni Hafiz bin Efendi Santoso kelas 9 R01. Sebagai sekretarsi English club telah berbagung sejak kelas 7. Dia mengatakan. “Dengan bergabung dalam ekstrakurikuler English Club, menjadikan saya percaya diri dalam mengungkapkan kata-kata dalam bahasa Inggris dan lebih terarah, dan kemampuan bahasa Inggrisku semakin meningkat.”

Begitu juga Revina binti Bayu Untoro, kelas 8 N7, mengungkapkan “Sejak bergabung dengan English Club ini, saya berani bicara dalam Bahasa Inggris, aktif dalam conversation dan banyak mengenal kosakata baru. Harapan saya agar lebih banyak santri berminat untuk mengikuti ekstrakurikuler Bahasa Inggris ini.” (Aw)










Komentar

Postingan populer dari blog ini

MTs. AL-ZAYTUN KEMBALI JUARAI KSM

MTs Ma’had Al-Zaytun Juara Umum AKSIOMA dan KSM Tingkat Kabupaten Indramayu Tahun 2017

MTs AL-ZAYTUN KEMBALI JUARAI KSM