WORKSHOP GURU-GURU MTS MAHAD AL-ZAYTUN

“Menuju Pembelajaran yang Terencana dan Bertanggungjawab”, demikian tema workshop kedua yang diselenggarakan MTs Ma’had Al-Zaytun.
Acara workshop  MTs dilaksanakan Jumat, 29 Mei 2015 sampai dengan Sabtu, 30 Mei 2015. Jam 13.30 acara dibuka oleh Kepala Sekolah  MTs  Ma’had Al-Zaytun, Ust. Juniarto Hendro Buwono, S.T. . Dalam sambutannya,  disampaikan bahwa mendidik perlu berorientasi pada hasil sesuai misi dan tujuan Ma’had Al-Zaytun. Ke depan,   workshop akan ditingkatkan lagi sehingga mengarah kepada pengelolaan berdasarkkan manajemen mutu pendidikan.
Selanjutnya acara workshop diserahkan kepada Ust.Hartono, S.Pd.,  selaku ketua pelaksana workshop. Dalam paparannya, program yang dibahas dalam workshop kali ini adalah:
  1. Sosialisasi pembagian guru-guru per mata pelajaran;
  2. pemilihan kepala mata pelajaran;
  3. penjelasan singkat tentang perangkat pembelajaran, dan;
  4. penyusunan perangkat pembelajaran.

Isi perangkat pembelajaran  tahun ajaran 2015/2016 terdiri dari :
  1. Kover
  2. Lembar pengesahan;
  3. Kalender tahunan;
  4. Program tahunan;
  5. Program semester;
  6. Silabus;
  7. Rencana pelaksanaan pembelajaran;
  8. Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM);
  9. Alokasi hari efektif.

Untuk membuat acara lebih bersemangat,  sebagaimana pada acara workshop pertama disemester lalu,  disela-sela acara disisipkan ice breaking yang dipandu Usth. Mariyam Nurfarida.    
Disampaikan pula dalam acara yang dihadiri 150  guru MTs , adalah pembakuan  istilah singkatan yang digunakan, yaitu: istilah Ulangan Harian (UH), Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS), dan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) .  Selain itu, penggunaan kata “Ganjil”  diubah menjadi “Gasal” . Tahun pembelajaran yang awalnya menggunakan tanda hubung “-“, diganti dengan tanda garis miring (/).

Agenda  program hari pertama berhasil menyelesaikan program poin pertama dan ketiga. Adapun poin kedua dan keempat dilanjutkan pada hari Sabtu, 30 Mei 2015 jam 13.00.(yrv)

Komentar