Kamis, 26 Mei 2016

Rihlah Ilmiah Kelas IX MTs Ma’had Al-Zaytun

Kamis (19/5), Santri Kelas IX MTs Ma’had Al-Zaytun mengikuti kegiatan Rihlah Ilmiah (study tour) ke Museum Etnobotani Indonesia, Museum Kepresidenan Istana Bogor, dan Museum Zoologi. Tiga tempat wisata tersebut berada di area Kebun Raya, Bogor.
Rombongan Rihlah Ilmiah terdiri dari 9 unit bus santri, 1 unit mobil Ambulance, dan  1 unit mobil Superviser (eksponen). Peserta Rihlah Ilmiah berjumlah 426 santri, 61 guru pembimbing, 19 awak bus, yaitu driver, teknisi, keamanan, dan wartawan.
Kegiatan diawali dengan upacara keberangkatan yang dilaksanakan pukul 01.00 Wib dini hari di entrance ( gate) Ma’had. Setelah upacara pembukaan dan persiapan lain, pukul 02.00 rombongan meninggalkan Ma’had.



Sekitar pukul 05.00 pagi, seluruh bus berhenti di rest area KM42 untuk melaksanakan shalat, sarapan, dan ganti pakaian dengan pakaian resmi.
Rombongan sampai di lokasi pertama, Museum Etnobotani pukul 07.30 Wib. Selanjutnya santri memasuki museum secara bergelombang sesuai urutan bus, dikarenakan museum tidak cukup muat bila seluruh santri masuk bersamaan. Di museum ini, santri secara langsung melihat berbagai ragam tumbuhan dan kekayaan alam Indonesia dan aktifitas manusia dalam memperdayakan dan membudidayakan kearifan lokal nabati sumber daya alam Indonesia.

Pukul 09.30 Wib rombongan memasuki Museum Istana Kepresidenan sebagai tujuan wisata kedua. Santri dipandu oleh petugas melihat karya-karya besar para presiden Indonesia dalam bentuk media cetak maupaun elektronik multimedia dari presiden pertama Ir. H. Soekarno, hingga presiden-presiden berikutnya, Jendral Besar H. M. Soeharto, Prof. Ing. B.J. Habibie, H. Abdurrahman Wahid, MA, Ibu Megawati Soekarno Putri dan Susilo Bambang Yudhoyono.


Selesai mengikuti bimbingan di Museum Istana Kepresidenan, para santri menuju tujuan terakhir rihlah, yaitu Musem Zoologi Bogor. Berbeda dengan Musem Etnobotani yang berisi aneka ragam kekayaan nabati Indonesia, Museum Zoologi ini berisi diorama keanekaragaman kekayaan hewani Indonesia, dari hewan terkecil hingga hewan terbesar, paus biru, mamalia laut sepanjang 27 meter yang dipajang di halaman museum sebagai ikon museum tersebut. (njb76)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar